Wednesday 15 May 2013

Tahukah Anda Apa itu Bekatul?


Jika anda ditanya apa itu bekatul? Kira-kira anda akan menjawab apa? Bekatul itu pakan ternak, pakan sapi, bebek, atau apa? Adakah dari anda yang berpikir bahwa bekatul adalah makanan alternative yang kaya akan manfaat? Berikut kami sampaikan pengertian bekatul sebenarnya.

Bekatul (bran) adalah hasil sampingan dari proses penggilingan padi yang merupakan lapisan luar beras yang terlepas saat penggilingan. Krem atau coklat muda adalah warna umum dari bekatul padi. Secara struktur, padi terdiri atas dua lapisan utama, yaitu biji beras dan kulit padi. Kulit padi terdiri atas Hull yang merupakan kulit bagian terluar dan Brand(bekatul) yang merupakan kulit bagian dalam atau selaput biji. Bekatul terdiri atas beberapa lapisan, yaitu pericarp, seed coat, nucellus dan aleurone. 

Cara memperoleh bekatul adalah dengan cara melakukan penggilingan terhadap padi giling. Lapisan bekatul akan terlepas dari beras dan langsung memisah tersendiri. Umumnya pada proses penggilingan padi menghasilkan beras sebanyak 60-65%, sementara bekatul yang dihasilkan mencapai 8 – 12%.

Menurut catatan pusat penelitian dan pengembangan pertanian, Bogor, kegiatan penyosohan beras bisa mengikis 7,5% dari bobot beras awal. 7,5% tersebut berupa bekatul yang memiliki kadar selulosa dan hemiselulosa yang paling tinggi dibandingkan dengan berasnya itu sendiri.

0 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

 

brownies

muffin

 

Blogger news

Don't Worry be Healthy

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger